UIN SU Terima Kunjungan Mahasiswa Gwangju Korea Selatan, Tingkatkan Pembelajaran Berbasis Sharing Culture

Medan (UIN SU)
Sejumlah mahasiswa dari Kota Gwangju, Korea Selatan berkunjung ke Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan dalam rangka program pertukaran mahasiswa atau pelajar dua negara dan pengenalan budaya Indonesia khususnya Sumatera Utara.

Kunjungan mahasiswa Negeri Ginseng tersebut disambut hangat Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati, MAg diwakili Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Katimin, MAg dan Kepala Biro AAKK Drs H Ibnu Sa’dan MPd di kampus IV Durin Jangak, Tuntungan, Medan, Senin (26/2). Hadir pimpinan kampus, sub Koordinator Humas dan Informasi UINSU Yunni Salma, MM dan perwakilan Pemerintah Kota (Pemko) Medan dan jajaran.

Prof Katimin dalam sambutan menyampaikan, hubungan baik antara Korea Selatan dan Indonesia sudah terjalin sejak lama dalam berbagai bidang. Seperti pengembangan pendidikan dan olahraga. Ke depan ia mengharapkan agar kerja sama, khususnya bidang pendidikan antara UIN SU dan Gwangju, Korsel bisa ditingkatkan lebih luas dalam cakupan Tri Dharma perguruan tinggi.

Sembari menyampaikan selamat datang di Kota Medan, Prof Katimin menyampaikan, agar kunjungan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sebagai media pertukaran informasi, saling belajar tentang budaya, tradisi dan pengetahuan serta wawasan tentang Indonesia, khususnya Sumatera Utara dan Medan. Prof Katimin mengarahkan, agar mahasiswa dari Korea ini bisa menikmati berbagai keindahan alam lengkap dengan sajian kuliner khas Sumut ini. Seperti durian, sate, soto Medan dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan itu, Prof Katimin juga memperkenalkan profil UIN SU Medan, di antaranya terkait lima lokasi kampus, jumlah mahasiswa dan program studi yang ada di kampus Islam kebanggaan masyarakat Sumut ini. Ia mengharapkan, kunjungan bermanfaat untuk meningkatkan wawasan mahasiswa Korea Selatan, termasuk dalam penggunaan bahasa. “Terima kasih atas kunjungan ini, semoga membawa manfaat bagi dua negara ini,” tukasnya.

Perwakilan dari program pertukaran pelajari ini, Gwangju Metropolitan Cityhall, Kang Somyeong menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terlaksananya kunjungan balasan sebagai bagian dari program pertukaran mahasiswa ini. Senang akhirnya sejumlah mahasiswa dari Korea Selatan bisa berkesempatan belajar tentang Indonesia langsung dari Sumatera Utara. Khususnya bisa berkunjung ke beberapa kampus terbaik di Sumatera Utara dan Kota Medan.

Ke depan, harapnya, program pertukaran mahasiswa ini bisa ditingkatkan lebih luas. Agar lebih banyak mahasiswa Indonesia juga bisa belajar dan berkesempatan mengikuti pertukaran pelajar ke Korea Selatan dan belajar tentang budaya, tradisi dan kultur sosial dari Negeri Ginseng yang saat ini, banyak budayanya yang populer di dunia, seperti musik dan film.

Perwakilan dari bagian kerja sama Pemko Medan, Seri Inderahayu dalam sambutannya menyampaikan, ia dan tim mendampingi kunjungan mahasiswa Gwangju, Korsel ini selama kunjungan di kampus-kampus di Kota Medan. “Terima kasih atas kerja sama dalam program pertukaran pelajar dari Pemko Medan dengan kampus-kampus di Medan ini,” ujarnya.

Ia mengharapkan, ke depan program pertukaran mahasiswa atau student exchange program ini bisa terus dilanjutkan dan berjalan dengan kolaborasi bersama Pemko Medan. Lalu menambah program menarik lainnya yang bisa dikerjasamakan, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air.

Kunjungan berlangsung lancar, dan dilanjutkan dengan paparan profil tentang UIN SU Medan. Di antaranya terkait dengan sistem pendidikan, yakni menerapkan konsep wahdatul ‘ulum atau integrasi keilmuan yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Lalu tentang gagasan UIN SU sebagai pusat moderasi beragama dan pemberdayaan masyarakat. Acara dilanjutnya dengan field trip. Diketahui, program ini merupakan kerja sama antara Pemko Medan dengan sejumlah kampus yang berkedudukan di Medan. (Humas)