Biro Rektor UINSU Kini Berkantor di Kampus IV Tuntungan

Medan (UINSU)
Pusat administrasi dan layanan Biro Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan berpindah dan kini berkantor di fasilitas gedung Kampus IV Durin Jangak di Jalan Lapangan Golf, Kota Medan. Perpindahan ini untuk memanfaatkan fasilitas kampus yang merupakan bantuan Islamic Development Bank (IsDB).

Sub Koordinator Humas dan Informasi UINSU Yunni Salma, MM di Medan, Senin (16/10) menyampaikan, sebelumnya memang diketahui pusat administrasi dan layanan bekerja atau beroperasi di kampus II Jalan Willem Iskander, Medan.

Pemindahan kantor untuk operasional kampus tersebut, jelasnya, memang sudah menjadi agenda sejak beberapa waktu lalu. Akhirnya kebijakan tersebut dilaksanakan dan dituangkan dalam Surat Edaran UINSU Nomor 025 Tahun 2023 tentang perpindahan ruangan kerja ke Kampus IV Durin Jangak UINSU.

Yunni menjelaskan, berdasarkan hasil rapat pimpinan yang digelar pada Agustus lalu, menetapkan agar aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai badan layanan umum (BLU) yang bertugas di unit kerja Biro Rektor kampus II tersebut. Hal ini juga berlaku untuk sejumlah unit kerja di lingkungan kampus Islam negeri ini, di antaranya ruang organisasi dan kepegawaian, perencanaan dan keuangan serta humas.

Yunni menjelaskan, kebijakan perpindahan ruangan kerja ini berlaku mulai Senin 16 Oktober 2023. Untuk kampus II Jalan Willem Iskander, tetap digunakan berkantor untuk sejumlah lembaga di lingkungan kampus. Meliputi ruangan Pusat Pengembangan Bisnis (Pusbangnis) UINSU, ruangan guru besar, ruangan para wakil rektor, ruangan senat akademik, ruangan Pusat Layanan Internasional, Pusat Studi Timur Tengah, Lembaga Pemeriksa Halal dan Halal Center.

Kemudian untuk ruangan Rumah Moderasi Bergama dan Wahdatul ‘Ulum, ruang pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID), dharma wanita persatuan, ruang arsip, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Lembaga Penjamin Mutu (LPM). Pada perpindahan ini, para ASN dan pegawai BLU diminta untuk memindahkan dokumen-dokumen kerja dan peralatan kerja.

Yunni Salma menyampaikan, dengan perpindahan ruangan kerja ini maka diharapkan ada penyegaran bagi pada pegawai di lingkungan Biro Rektor UINSU Medan. Sehingga diharapkan dengan pemanfaatan gedung di kampus IV Tuntungan mampu meningkatkan semangat untuk memberikan kinerja dan dedikasi yang lebih baik demi kemajuan kampus UINSU di masa mendatang.

Diketahui, Kampus IV Durin Jangak UINSU di kawasan Tuntungan tersebut dibangun di lahan seluas 20 hektare bantuan IsDB. Di sana berdiri empat bangunan utama yang megah lengkap dengan fasilitas canggih yang mendukung pembelajaran mahasiswa. Di antaranya seperti perpustakaan digital, laboratorium terpadu yang menyajikan banyak alat baru, aula multimedia, ruanfan kelas yang nyaman dan lain sebagainya.

Saat ini, empat bangunan utama di kampus IV ini dipergunakan untuk gedung utama biro rektor, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Sains dan Teknologi yang mengakomodir ribuan mahasiswa. Juga terdapat Masjid Al Musannif yang disumbangkan tokoh masyarakat dan dermawan Sumut, almarhum Haji Anif. Semenjak kampus ini beroperasi di Tuntungan, secara otomatis mendatangkan peluang dan potensi peningkatan perekonomian bagi masyarakat setempat. Hak ini ditandai dengan perkembangan berbagai usaha masyarakat. (Humas)