UINSU Peringati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober | Momentum Penguatan Pancasila Sebagai Pemersatu Menuju Indonesia Maju

Medan (UINSU)
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan Prof Dr Nurhayati, MAg memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 di halaman gedung biro rektor kampus II Jalan Willem Iskander, Medan, Minggu (1/10). Peringatan ini sebagai penguat dan mempertegas bahwa Pancasila sebagai pemersatu bangsa untuk menuju Indonesia maju.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diikuti seluruh pimpinan dan pejabat serta segenap sivitas kampus, dengan mengenakan pakaian hitam dan putih. Peringatan ini sebelumnya dituangkan dalam surat edaran Rektor UINSU Medan Nomor: 0022 Tahun 2023 pelaksanaan peringatan Hari Kesakatian Pancasila pada 2023 di lingkungan UINSU Medan.

Rektor Prof Nurhayati menegaskan, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan momentum untuk kembali menguatkan peran dan fungsi Pancasila, yakni sebagai wahana pemersatu bangsa Indonesia untuk menuju dan menjadi negara yang maju, setara dengan negara-negara lainnya. Selain itu, momen peringatan ini sebagai penguat Pancasila sebagai dasar negara yang relevan dengan semangat juang, agama, kultur dan budaya, nilai-nilai luhur serta keberadaan Republik Indonesia.

Rektor mengajak seluruh sivitas kampus, agar merenungi kembali sejarah kelam bangsa Indonesia yang terjadi dalam peristiwa pemberontakan dan pengkhianatan pada 1965 silam. Sehingga dari sejarah tersebut menjadi pelajaran bagi semuanya bahwa ada ideologi yang tak sejalan dengan nilai-nilai bangsa Indonesia sejak dulu.

Ia menjelaskan, bangsa Indonesia telah mengalami banyak ujian dan tantangan sebagai negara yang merdeka sejak 78 tahun silam. Namun segala tantangan dan ujian tersebut bisa kita lewati dengan bijak, maka diharapkan, agar momentum ini menjadi pemicu semangat bangsa untuk tegak lurus mencintai dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar bernegara dan juga sebagai kekuatan untuk bergerak maju menuju negara yang juga berkemajuan.

Untuk itu, rektor mengimbau, sebagai perguruan tinggi Islam, UINSU Medan harus terus meningkatkan kontribusi dan dedikasi serta pengabdiannya dalam mewujudkan Indonesia maju dan unggul di masa-masa mendatang. Berperan penting dan strategis sebagai kampus Islam yang mengusung dan membangun nilai-nilai peradaban sekaligus memberi warna bagi Negara Kesatuan Republik Inodnesia (NKRI). Hal ini sejalan dengan tema peringatan tahun ini yakni Pancasila sebagai pemersatu bangsa menuju Indonesia maju.

Rangkaian upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini berlangsung dengan khidmat, tertib, lancar dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Rangkaian peringatan ini diawali dengan menaikan Sang Merah Putih setengah tiang pada 30 September 2023 dan menaikan satu tiang penuh pada 1 Oktober 2023. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di UINSU melibatkan segenap sivitas sebagai petugas upacara. Di antaranya untuk pemimpin upacara, perwira, pembawa acara, pembaca naskah dan ikrar dan petugas lainnya. (Humas)