UINSU Medan Peringkat 9 Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Indonesia

Medan (UINSU)
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan di bawah kepemimpinan Rektor Prof Dr Nurhayati, MAg berhasil menempati peringkat sembilan sebagai perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia versi EduRank 2023. Saat ini, kampus Islam negeri terbesar di Sumut ini memang fokus pada peningkatan akreditasi dan mutu layanan.

Masuknya UINSU Medan dalam top ten (10 besar) kampus Islam terbaik di Indonesia, tak pelak membuat berpuas diri, namun terus fokus dalam meningkatan kualitas di berbagai aspek. “UINSU Medan tetap terus berbenah diri untuk melakukan yang terbaik. Saat ini kita fokus pada peningkatan mutu dan peningkatan akreditasi, baik institusi ataupun program studi. Di samping itu kita juga sedang berbenah untuk program internasionalisasi melalui publikasi artikel di jurnal bereputasi,” ujar Prof Nurhayati di Medan, Sabtu (23/9).

Ia menyampaikan, meski pencapaian ini belum begitu memuaskan, namun pencapaian ini harus tetap disyukuri dan dijadikan semangat serta motivasi untuk lebih baik ke depan. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek di antaranya tambahan prodi baru, peningkatan kualitas sarana prasarana, pelayanan akademik hingga peningkatan jumlah guru besar.

Rektor menjelaskan, penambahan guru besar (gubes) di lingkungan UINSU juga cukup menggembirakan. Terbaru, kampus ini menelurkan enam guru besar baru dalam rumpun ilmu agama yang baru saja dilantik Kemenag di Jakarta. “Saat ini UINSU Medan memiliki 44 orang guru besar dan insya Allah akhir tahun 2023 kita sampai angka 45 guru besar,” ujarnya.

Prof Nurhayati meminta doa dan dukungan masyarakat Sumut, agar UINSU semakin berkembang dan maju serta menjadi kampus unggulan. “Kami tetap memohon doa dan dukungan masyarakat Sumut agar UIN Sumatera Utara terus tumbuh, maju dan berkembang baik tingkat nasional maupun internasional,” tandasnya.

Terpisah, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Dr Azhari Akmal Tarigan MA menanggapi rilis EduRank yang memposisikan UINSU Medan, sebagai perguruan tinggi Islam terbaik pada urutan atau peringkat kesembilan. Prof Akmal mengatakan, hal ini sebagai cermin untuk berbenah dan terus berbenah seperti arahan Rektor Prof Nurhayati.

“Sebagaimana kita ketahui, EduRank ini indikatornya seputar reputasi akademik, kualitas pengajaran, penelitian, fasilitas dan prestasi mahasiswa. Semua hal ini memang menjadi fokus kita. Rektor UINSU telah menugaskan semua unit untuk fokus pada penataan dan pembenahan. Pada saat yg sama kita akan meningkatkan reputasi akademik kita baik pada level dosen dan mahasiswa,” ujar Prof Akmal.

Dikatakannya, riset dan pengabdian kepada masyarakat juga diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat banyak. Jadi tidak semata-mata memenuhi tugas Tri Dharma perguruan tinggi. “Kita tentu ingin UIN Sumatera Utara dekat dengan masyarakat dan merasakan manfaatnya bagi pembangunan,” tukasnya. (Humas)

Dilansir dari situs AyoJakarta.com dari laman resmi edurank.org pada Kamis, 21 September 2023, dipaparkan 10 perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia versi EduRank 2023. Pada informasi ini, UINSU Medan berada pada ranking sembilan tingkat nasional. Sementara untuk ranking dunia pada 4.756 dan ranking Asia 1.683.