Peningkatan Ranking Webometrics | Upaya UINSU Menuju World Class University

Medan (UINSU)
Webometrics suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap pemeringkatan perguruan tinggi sedunia berbasis website berdasarkan indikator-indikator yang dikalkulasi berdasarkan data yang terkait dengan website milik suatu universitas tertentu. Pemeringkatan jenis ini dilakukan oleh kelompok riset Cybermetrics Lab yang merupakan bagian dari lembaga penelitian publik terbesar di Spanyol, yaitu Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC). Pemeringkatan ini dirilis sejak tahun 2004 dan menerbitkan Webometrics Ranking dua kali setahun, diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli.
Webometrics Ranking diterbitkan berdasarkan penelitian berbasis website yang dilakukan terhadap lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di lebih dari 200 negara di dunia.  

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Ranking Webometrics-nya yaitu: Ranking 9222 (World Rank, Januari 2022), Ranking 259 (Indonesia Rank, Januari 2022), Ranking 8939 (World Rank, Juli 2022), Ranking 269 (Indonesia Rank, Juli 2022), Ranking 8808 (World Rank, Januari 2023), Ranking 274 (Indonesia Rank, Januari 2023), Ranking 6281 (World Rank, Juli 2023), Ranking 139 (Indonesia Rank, Juli 2023). Untuk posisi pada tahun 2024, diharapkan akan terus meningkat, sehingga diperlukan berbagai tindakan serius sebagai upaya untuk menaikkan peringkat tersebut.

Penelitian tentang Webometrics telah dilakukan oleh Dr. Abdul Karim Batubara, M.A. (Ketua Peneliti) dan Anggota Peneliti: Franindya Purwaningtyas, M.A. dan Raissa Amanda Putri, S.Kom.,M.TI.

Acara sosialisasi “Strategi Peningkatan Webometrics Universitas” dilakukan secara roadshow ke Fakultas-Fakultas dan Program Pascasarjana di UIN SU. Pada Jumat pagi, 15 September 2023, telah dilakukan secara perdana sosialisasi kepada Dosen-Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Acara dilaksanakan bertempat pada Aula FDK.  Wakil Dekan II FDK, Dr. Elfi Yanti Ritonga, MA memberikan kata sambutan sebagai tuan rumah acara.  Sebagai mewakili pimpinan acara sosialisasi dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM UINSU, Dr. Muhammad Irwan Padli Nasution, ST, MM, M.Kom.

Pada sambutannya Dr Irwan Nasution, memberikan apresiasi tinggi atas kegiatan ini yang merupakan rangkaian kegiatan penelitian tentang Webometrics dari peneliti Dr. Abdul Karim Batubara, M.A., dkk., telah sukses pada tahun 2022 dan tahun 2023 sebagai pemenang dari Penelitian BOPTN UIN SU. Semoga dengan acara sosialisasi ini para Warga UINSU mendapatkan pencerahan yang akurat karena ini merupakan hasil penelitian, sehingga diharapkan ke depan peringkat Webometrics UINSU terus naik, karena ini sangat penting dalam menarik minat mahasiswa internasional untuk kuliah di UINSU.

Dr Irwan Nasution, juga menyampaikan amanat dari Rektor UINSU, Prof. Dr. Hj. Nurhayati, M.Ag. bahwa “Setiap Warga UIN SU harus bekerjasama untuk mencapai kejayaan UIN SU, Jika UIN SU naik peringkat maka otomatis akan membawa kebanggaan buat kita semuanya, semoga peringkat Webometrics UIN SU terus naik”. Para Dosen yang mengikuti acara sosialisasi sangat antusias mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh Dr. Abdul Karim Batubara, M.A., Raissa Amanda Putri, S.Kom.,M.TI. dan Franindya Purwaningtyas, M.A.
Tim Webometrics, juga memberikan layanan untuk diskusi maupun bantuan kepada para Warga UINSU pada no WA:  081229994289 (Webometrics UIN SU Hotline). (LPPM)