UIN SU Peringkat 6 PKM III Jambi 2023 se-Sumatera | Malam Gemilang Penutupan PKM III Meriah

Jambi (UIN SU)
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan menempati peringkat ke-6 pada ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III se-Sumatera dan Perguruan Tinggi Islam (PTI) Asia Tenggara 2023 di UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi yang digelar selama seminggu dan berpuncak pada Sabtu (29/7) malam.

Demikian disampaikan Sub Koordinator Humas dan Informasi UIN SU Yunni Salma, MM terkait pencapaian membanggakan tersebut, UIN SU peringkat ke-6 dari PTKIN se-Sumatera pada ajang bergengsi PKM III Jambi 2023. Adapun 10 besar pada kompetisi ini yakni juara umum atau peringkat pertama yakni tuan rumah UIN STS Jambi, kedua UIN Raden Intan Lampung, tiga UIN Sultan Syarif Qasim Riau.

Lalu keempat UIN Ar-Raniry Aceh, lima UIN Raden Fatah Palembang, enam UIN Sumatera Utara Medan, tujuh UIN Imsm Bonjol Padang, delapan IAIN Jurai Siwo Metro, sembilan IAIN Syaikh Abdurahman Siddik Bangka Belitung dan peringkat 10 UIN Syech M Djamil Djambek Bukittinggi.

Rektor UIN STS Jambi, Prof Dr Su’aidi Asy’ari, MA, PhD dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para pemenang dapam puluhan cabang kompetisi pada PKM III Jambi 2023 ini. Yang memuat 29 kompetisi dan kecabangan bidang karya tulis, seni dan olahraga yang diikuti ratusan mahasiswa dari puluhan PTKIN se-Sumatera.

Kemenangan dalam kompetisi ini bukanlah nilai utama, namun terpenting ialah nilai kejujuran dan kebersamaan. “Selamat kepada para pemenang lomba dan seluruh peserta PKM III. Kompetisi ini bukan semata menjadi pemenang tapi menjaga sportivitas, kejujuran, semangat kebersamaan serta menjaga tubuh yang sehat,” ujarnya.

Rektor bangga pada seluruh panitia pelaksana kompetisi PKM III bisa berjalan baik dan sesuai rencana. Ini membuktian bahwa UIN STS Jambi mampu menjadi tuan rumah pada ajang lomba berikutnya, bahkan ajang nasional berikutnya. “Walau tidak ada anggaran dari Kementerian, tapi kita tidak mengurangi semangat untuk memberikan yang terbaik sebagai tuan rumah PKM III PTKIN. Terima kasih pada seluruh sponsor yang ikut berperan,” katanya.

Wakil Rektor III UIN STS Jambi, Badrul Ulum menjelaskan, PKM III PTKIN se-Sumatra dan PTI Se-Asia Tenggara telah menjadi ajang prestasi dan kreativitas yang tak hanya menggabungkan potensi terbaik dari berbagai institusi. Tapi menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berkompetisi secara sehat dalam berbagai bidang keilmuan dan karya kreatif.

Setelah perjalanan yang menantang dan penuh dedikasi, lanjutnya, malam penutupan ini menjadi puncak dari usaha dan semangat luar biasa peserta dalam menunjukkan bakat dan kualitas akademik mereka. UIN STS sebagai salah satu PTKIN yang didaulat menjadi tuan rumah mampu menghadirkan suasana akademis dan penuh semangat. Menciptakan momen bersejarah bagi seluruh peserta dan para tamu undangan.

Acara ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan dan kolaborasi antarperguruan tinggi Islam di Sumatera dan Asia Tenggara. Semangat kompetisi, kebersamaan, dan semangat keagamaan turut melingkupi seluruh acara PKM tahun ini, menandakan bahwa peran perguruan tinggi Islam dalam menghasilkan generasi penerus yang berkualitas dan berintegritas semakin diperkuat.

Ia mengarahkan, malam gemilang ini akan selalu dikenang sebagai momen bersejarah dan inspiratif dalam perjalanan akademis para mahasiswa PTKIN dan PTI. Lalu menjadi menjadi catatan kebanggaan bagi UIN STS Jambi sebagai tuan rumah yang berhasil menciptakan perhelatan akademis dan kreativitas luar biasa.

Diketahui, juara umum yakni UIN STS Jambi berhasil mengumpulkan 20 medali emas, 21 medali perak dan delapan medali perunggu. Giat ini diikuti 22 kontingen PTKIN se-Sumatera dari Aceh hingga Lampung.

Hadir dalam penutupan ini di antaranya pejabat Kementerian Agama RI, Ketua Forum Wakil Rektor III se-Indonesia, Ketua Forum Wakil Rektor III se-Sumatera, para wakil rektor III PTKIN se-Sumatera, para wakil rektor UIN Jambi, para kepala biro, ketua dan anggota DWP UIN Jambi serta seluruh peserta PKM III Jambi.

Kasi Kemahasiswaan Diktis Kementerian Agama RI Amiruddin Kuba, MA yang mewakili Dirjen Pendis Kemenag RI menyampaikan, walaupun muatan kegiatan ini regional Sumatera, namun berhasil digelar dengan nuansa kegiatan nasional. Berbeda dengan PKM sebelumnya, pada PKM III ini, bukan hanya 22 PTKIN se-Sumatra yang menjadi peserta tetapi juga ada sembilan PTI di Asia Tenggara. “Ini merupakan satu capaian yang luar biasa bahkan secara tidak langsung meningkatkan standar PKM dengan hadirnya peserta dari Asia Tenggara,” ujarnya.

“Ini pertama kalinya kegiatan level regional namun berhasil mengundang PTI se-Asia Tenggara sehingga atmosfer event ini seperti even internasional. Saya sangat mengapresiasi Rektor UIN STS Jambi dan jajarannya yang sukses melaksanakan ajang PKM III, semoga PKM selanjutnya paling tidak harus sama dengan ini atau lebih dari ini,” jelas Amiruddin Kuba.

Penutupan acara ditandai dengan penekanan tombol sirine sebagai tanda PKM III PTKIN se-Sumatera dan PTI se-Asia Tenggara ditutup. Amiruddin secara langsung menyerahkan piala juara umum PKM ke III kepada Rektor UIN STS Jambi, Prof Su’aidi dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir kepada Wakil Rektor III, Dr Bahrul Ulum yang juga sebagai ketua kontingen UIN STS Jambi.

Penutupan PKM III dimeriahkan dengan hiburan dan kesenian daerah Jambi, di antaranya Khairun Najwa, alumni UIN STS Jambi yang saat ini menjadi penyanyi Jambi. Septi, mahasiswa UIN STS Jambi Finalis Lida. Neka, mahasiswa UIN STS Jambi Finalis Lida. Humaira Samara, Juara 1 Pop Solo PKM III, asal PTKIN Malikussaleh Lhokseumawe. Ditutup dengan Band Jamblack. (Humas)