Peresmian Halal Center UINSU di Opening Ceremony Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatera 2023

Medan (UINSU)
Sebagai salah satu upaya untuk mengakselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di regional Sumatera, Bank Indonesia kembali menggelar ajang tahunan FESyar Sumatera pada tanggal 20 s.d 23 Juli 2023. Diselenggarakan di Kota Medan dengan mengangkat tema “Penguatan Sinergi dan Inovasi Ekonomi dan Keuangan Syariah melalui Dukungan Digitalisasi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Sumatera yang Inklusif”, FESyar Sumatera diharapkan dapat menjadi salah satu trigger kebangkitan ekonomi syariah dalam rangka mewujudkan pemerataan ekonomi yang inklusif.

Pada Opening Ceremony FESyar Sumatera 2023 yang dilaksanakan di Istana Maimun pada tanggal 21 Juli 2023, Jumat malam, Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan Prof. Dr. Nurhayati, M.Ag. bersama Deputi Gubernur BI Juda Agung, Asisten Perekonomian Pemprov Sumatera Utara Agus Tripriyono, Anggota DPR Komisi IV Hidayatullah dan Kepala KPw BI Sumatera Utara IGP Wira Kesuma menekan tombol peresmian Halal Center UIN Sumatera Utara. Peresmian Halal Center UINSU ini salah satu acara inti Opening Ceremony FESyar Regional Sumatera 2023. Pimpinan Bank Indonesia menyatakan dalam pidato pembukaannya bahwa BI bekerjasama dengan UIN Sumatera Utara dalam mendirikan Halal Center UIN Sumatera Utara sebagai bagian dari upaya pencapaian visi Indonesia untuk menjadi pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia. Dalam pencapaian visi tersebut, terdapat 3 pilar utama. Pilar pertama ialah penguatan ekosistem halal, pilar yang kedua penguatan keuangan yang berbasis syariah, dan pilar ketiga untuk mendorong penguatan penerapan gaya hidup yang halal (halal lifestyle).

Rektor UINSU menyambut baik kegiatan ini dan sangat mengapresiasi Bank Indonesia atas kerjasama dan kolaborasi yang sudah dijalin selama ini. UIN Sumatera Utara akan terus mengambil bagian dalam mewujudkan ekosistem halal, penguatan keuangan syariah dan penerapan gaya hidup halal. Kepada Pengelola Halal Center UINSU, yang diketuai Dr. Sugianto, MA, Rektor berpesan untuk segera merealisasikan program yang telah dirancang terutama dalam membangun kesadaran gaya hidup halal baik di lingkungan sivitas UINSU maupun masyarakat, mendorong pelaku usaha terutama UMKM untuk memperoleh sertifikasi halal melalui kegiatan pendampingan dan mempersiapkan UINSU memperoleh izin dari BPJPH untuk menjadi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) agar dapat lebih berperan dalam ikut serta dalam proses sertifikasi halal. Di samping itu Rektor mendorong Halal Centre UINSU tetap berbuat dan bekerjasama dengan semua pihak dalam mendorong gaya hidup halal dan mewujudkan ekosistem halal.

FESyar Sumatera 2023 sekaligus merupakan rangkaian event road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2023 serta salah satu bentuk dukungan Bank Indonesia untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia.