LP2M Gelar Raker 2023 : Bangun Iklim Riset dan Penelitian Sivitas

Karo, (UIN SU)
Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Azhari Akmal Tarigan, MAg menyerukan, agar LP2M membangun iklim penelitian dan pengabdian di tengah-tengah sivitas kampus di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan, dengan dukungan anggaran pada berbagai jenis sehingga tercipta budaya riset.

Demikian dijelaskan Prof Akmal dalam pembukaan Rapat Kerja (Raker) 2023 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN SU Medan, Minggu (9/7). Ia mengarahkan, agar mempermudah dan memfasilitasi mahasiswa yang mengerjakan riset. Dari berbagai indikator tersebut sebagai alat untuk mengukur pembangunan wajah baru UIN SU.

Prof Akmal menegaskan, raker ini juga untuk meningkatkan kepatuhan terhadap statuta, ortaker dan aturan-atutan lain. Juga sebagai wahana kembali mempelajari, memahami ulang secara komprehensif terutama bagi para pejabat kampus. Ia mengingatkan tugas LP2M yaitu melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai riset serta pengabdian kepada masyarakat yang digelar sivitas dan fakultas-fakultas.

LP2M, lanjutnya, juga berfungsi menyusun perencanaan, evaluasi, laporan dan pelaksanaan riset dan pengabdian kepada masyarakat. Termasuk publikasi dan pengembangan urusan penelitian dan pusat kajian serta administrasi lembaga. Atas dasar itu, diharapkan ke depan melahirkan program kerja lebih baik, meningkatkan peran dan fungsi LP2M.

Namun, lanjut Prof Akmal, dalam perjalanannya misal saat akreditasi pada kriteria tertentu misal kesesuaian riset dengan road map penelitian itu masih susah dijawab. Karena belum optimal dari aspek kesesuaian dimaksud. Dalam raker ini, catatan dari Prof Akmal ialah wakil dekan I jajaran dan pengelola lembaga jurnal harus hadir.

Ia juga berpesan, publikasi dan kualitas atas status lembaga jurnal harus ditingkatkan. Misal Jurnal Miqat yang saat ini masih kategori Sinta 2. Lalu meluaskan objek tugas LP2M bukan hanya dosen namun perlu dikembangkan untuk kalangan mahasiswa dan berbagai jenis riset baru.

Prof Akmal mengarahkan, agar kualitas skripsi, tesis bahkan disertasi ditingkatkan agar dipakai atau bermanfaat bagi dunia industri, masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa depan serta upaya membangun peradaban. Karya tulis ilmiah agar diolah menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat di tengah masyarakat dan itu tugas LP2M untuk menghargai karya penelitian yang diteruskan dalam desain program kerja yang bisa dikerja samakan dengan fakultas. Hal itu juga untuk memperkuat kelembagaan dan pengaruh LP2M seperti di kampus-kampus besar lain.

Ketua panitia raker, Dr Chuzaimah menyampaikan, raker ini sebagai sarana evaluasi program kerja 2022 dan membahas pelaksanaan program lembaga pada 2023. Lalu sebagai wadah mengulas, merencanakan dan menyusun program kerja untuk 2024. “Mari kita bangun dan menyamakan persepsi untuk menjalankan program-program kerja ke depan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, anggaran lembaga penelitian dan pengabdian ini cukup besar bahkan setara fakultas-fakultas. Untuk itu agar dibarengi dengan program bermutu di antaranya penelitian yang bernas dan bermanfaat bagi banyak kalangan seperti industri, pemerintah daerah dan masyarakat. Tentu dengan penelitian yang bisa dipertanggungjawabkan. “Agar riset kita memberikan manfaat dan berkontribusi untuk kemajuan UIN SU, sesuai visi misi pimpinan,” urainya.

Ketua LP2M UIN SU, Dr Hasan Sazali, MA berterima kasih kepada para peserta raker yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Diharapkan ke depan, program kerja yang dihasilkan bisa dikolaborasikan dengan banyak pihak, terutama mitra perguruan tinggi keagamaan Islam swasta lain di Sumut. Mengembangkan riset dan pengabdian terkait isu-isu terhangat dengan kontribusi pemikiran terbaik bagi masyarakat.

Hadir dalam acara raker di antaranya Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Dr Irwan Padli Nasution, Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) Prof Masganti, para peserta dari LP2M dan kampus-kampus mitra dan narasumber Prof Mahyudin KM Nasution, MIT, PhD.

Raker mengangkat tema “Peran LP2M mewujudkan smart islamic university” digelar tiga hari dari 9-11 Juli 2023. Bertempat di Hotel Sibayak International, Berastagi, Kabupaten Karo.(Humas)