Rektor UIN Sumut Pimpin Temu Tokoh Sumut : Talenta Wahdatul Ulum Tingkatkan Prestasi Mahasiswa

Medan, (UIN Sumut)

Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) Prof Dr Syahrin Harahap, MA memimpin silaturahmi dengan para tokoh Sumatera Utara di Hall Center Biro Kampus II Jalan Willem Iskandar Medan dirangkai dengan penganugerahan Talenta Wahdatul Ulum bagi mahasiswa berprestasi di kampus Islam negeri tersebut, Selasa (28/12).

Para tokoh Sumut yang hadir di antaranya perwakilan Pemerintah Kota (Pemko) Medan, Pemko Tebing Tinggi, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Dr Abdillah, SE, Ak, MBA, Pangdam I/BB, Kapoldasu, tokoh keagamaan, tokoh masyarakat dan para pejabat serta pimpinan UIN Sumut meliputi para wakil rektor dan para dekan.

Prof Syahrin dalam arahannya menjelaskan tentang perkembangan UIN Sumut dari masa ke masa hingga kini memiliki enam lokasi kampus yang tersebar di berbagai daerah di Sumut. Termegah di kampus IV Tuntungan dan terluas di kawasan Kualanamu dengan luas lahan 100 hektare yang direncanakan dijadikan sebagai fakultas kedokteran, teknik dan pertanian. Di sana pula akan dibangun rumah sakit Islam yang berlandaskan pendekatan integrasi keilmuan.

Prof Syahrin juga menyampaikan berbagai tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam pengembangan kampus. Misalnya persoalan lahan, penggarapan lahan oleh oknum dan lain sebagai. Pertemuan ini, sekaligus mengajak para tokoh Sumut dan pemangku kepentingan seperti Pemprov Sumut untuk bersama-sama mengatasi berbagai persoalan itu. Sehingga kemajuan kampus Islam yang disebut Prof Syahrin sebagai aset terbesar umat Islam di Sumut dapat diwujudkan secara terukur.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dan apresiasi kepada 83 mahasiswa berprestasi dalam program Talenta Wahdatul Ulum di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Selasa (28/12) siang. Penghargaan diberikan kepada mahasiswa yang berhasil meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional. Program ini agar mahasiswa bangkit melalui prestasi dalam berbagai bidang walau dilaksanakan dalam masa pandemi saat ini.

Wakil Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) Bidang Akademik Prof Dr Hasan Asari mengapresiasi pelaksanaan program Talenta Wahdatul Ulum sebagai ajang penghargaan bagi mahasiswa berprestasi di kampus Islam negeri terbesar di Sumut tersebut.

“Saya apresiasi program Talenta Ulum Albab Award yang perdana digelar tahun ini, dengan ini, anak-anak diberikan penghargaan, support dan apresiasi atas prestasi dalam berbagai bidang misal akademik, seni dan olahraga yang berhasil diraih. Dengan ini, lumrahnya akan memiliki prestasi yang lebih tinggi di masa akan datang,” ujar Prof Hasan.

Menurutnya, dengan apresiasi dari kampus atas segala prestasi mahasiswa tersebut, akan meningkatkan kerajinan dan semangat mahasiswa untuk mencapai berbagai prestasi di bidang yang dia geluti dan tekuni. Misal dalam bidang seni dan olahraga serta bidang lainnya. Selain meningkatkan semangat, jelasnya, program penghargaan atas prestasi ini bagus untuk iklim kampus. “Berikutnya, hal-hal seperti ini bagus untuk iklim kampus yang baik dan penuh dengan nilai-nilai positif dengan pencapaian prestasi oleh mahasiswa,” ujarnya.

Ia menilai, penghargaan yang diberikan tersebut akan melahirkan “dorongan” kepada mahasiswa lain yang belum mendulang prestasi. “Sekiranya dengan program ini ada motivasi ekstra atau tambahan, terkait award yang diberikan kepada mahasiswa yang punya prestasi bagi mahasiswa lain agar terpacu untuk berprestasi,” tukasnya.

Perwakilan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Kepala Biro Kesra Rita Tafif Megawati menyampaikan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) siap dan turut mendukung sepenuhnya hal-hal untuk mewujudkan kemajuan UIN Sumut. Dengan slogan UIN Sumut UIN kita, pemerintah provinsi sudah mempunyai rencana untuk menyerahkan bantuan hibah kepada UIN Sumut. Namun untuk besaran bantuan belum bisa disampaikan secara jelas karena masih dalam pembahasan.

Menurutnya, UIN Sumut yang kini berusia 48 tahun dengan enam lokasi kampus merupakan potensi yang sangat besar. “Kami berpesan teruslah berbenah dini untuk menjadi perguruan tinggi terdepan, terbaik dan unggul khususnya di Sumatera Utara di masa akan datang. UIN Sumut harus menjadi teladan dan contoh di tengah masyarakat,” tukasnya. (humas)