Talenta Wahdatul Ulum Tingkatkan Capaian Prestasi Mahasiswa UIN Sumut

Medan,(UIN Sumut)
Wakil Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) Bidang Akademik Prof Dr Hasan Asari mengapresiasi pelaksanaan program Talenta Ulum Albab Award sebagai ajang penghargaan bagi mahasiswa berprestasi di kampus Islam negeri terbesar di Sumut tersebut.

“Saya apresiasi program Talenta Ulum Albab Award yang perdana digelar tahun ini, dengan ini, anak-anak diberikan penghargaan, support dan apresiasi atas prestasi dalam berbagai bidang misal akademik, seni dan olahraga yang berhasil diraih. Dengan ini, lumrahnya akan memiliki prestasi yang lebih tinggi di masa akan datang,” ujar Prof Hasan di kampus II Jalan Willem Iskander Medan, Selasa (28/12).

Menurutnya, dengan apresiasi dari kampus atas segala prestasi mahasiswa tersebut, akan meningkatkan kerajinan dan semangat mahasiswa untuk mencapai berbagai prestasi di bidang yang dia geluti dan tekuni. Misal dalam bidang seni dan olahraga serta bidang lainnya. Selain meningkatkan semangat, jelasnya, program penghargaan atas prestasi ini bagus untuk iklim kampus. “Berikutnya, hal-hal seperti ini bagus untuk iklim kampus yang baik dan penuh dengan nilai-nilai positif dengan pencapaian prestasi oleh mahasiswa,” ujarnya.

Ia menilai, penghargaan yang diberikan tersebut akan melahirkan “dorongan” kepada mahasiswa lain yang belum mendulang prestasi. “Sekiranya dengan program ini ada motivasi ekstra atau tambahan, terkait award yang diberikan kepada mahasiswa yang punya prestasi bagi mahasiswa lain agar terpacu untuk berprestasi,” tukasnya.

Berbagai capaian prestasi mahasiswa itu, katanya, ternyata punya andil dalam kemajuan dan perkembangan kampus. Prestasi mahasiswa dalam berbagai bidang juga sebagai kontribusi dan sumbangan untuk kemajuan kampus UIN Sumut. Misalnya dalam lingkup formal memberikan dukungan dalam pencapaian akreditasi program studi dan institusi atau akreditasi tingkat universitas. Hal ini pula sehubungan dengan peninjauan akreditasi UIN Sumut di akhir tahun depan. “Insya allah, di ujung 2022 kita akan adakan akreditasi universitas dan ini menjadi momentum yang sangat tepat dan bagus,” tandasnya.

Prof Hasan berharap, giat penghargaan prestasi mahasiswa ini agar lebih mampu dilaksanakan secara konsisten. Bahkan untuk tahap ini digelar setiap tahun agar bisa ditingkatkan setiap semester juga dirasa lebih bagus. Kemudian, harapan untuk mahasiswa, karena program ini sebagai hal baru yang digagas kampus, diharapkan menjadi pendorong buat para mahasiswa dalam meraih prestasi.

“Motivasi dalam berprestasi pada level yang lebih tinggi lagi. Baik dalam lingkup provinsi, regional, nasional hingga internasional. Bagi organisasi kemahasiswaan, hal ini menjadi momentum yang sangat bagus untuk didukung dan untuk membina kalangan mahasiswa supaya lebih mampu mengukir prestasi,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor UIN Sumut Bidang AUPK Dr Hasnah Nasution, MA. Ia menjelaskan agar program yang pertama dan digagas Rektor UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap, MA , betul-betul dijadikan mahasiswa sebagai motivasi agar lebih berprestasi ke depan. Dalam penyerahan penghargaan prestasi mahasiswa tersebut, Dr Hasnah menyampaikan, sekitar 83 mahasiswa dengan prestasi nasional dan internasional menerima apresiasi dari kampus dalam program Talenta Wahdatul Ulum. Ia menyatakan siap mendukung mahasiswa dari sisi pendanaan dalam hal mengikuti kompetisi nasional dan internasional serta untuk proses latihan mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Nispul Khoir, MA menyampaikan, program ini bagian dari visi misi kampus dalam mendorong mahasiswa dalam pencapaian prestasi akademik dan non-akademik. UIN Sumut harus mampu mengantarkan keberhasilan mahasiswa setinggi-tingginya bidang olahraga seni, olahraga, keagamaan dan riset. “Harus kita dorong dan kita bina serta fasilitasi. Untuk mengukur talenta-talenta yang dimiliki untuk mencapai juara. Ini selain untuk mendukung mahasiswa juga untuk kemajuan dan pengembangan kampus,” pungkasnya.

Dr Nispul kemudian menjelaskan rangkaian dan sistematika dalam menghimpun potensi dan talenta mahasiswa. Mulai dari perekrutan dan pencarian bakat serta potensi mahasiswa dalam berbagai bidang, kemudian memberikan pembinaan yang bersifat simultan dan berkelanjutan. Menurutnya, fakultas harus mampu mendatangkan pelatih untuk mengembangkan bakat mahasiswa dan dilanjutkan dengan menyelenggarakan event-event untuk mengasah talenta mahasiswa. Tahap selanjutnya adalah pelaporan fakultas dan pemberian penghargaan atau apresiasi.(humas)