UIN Sumut Laksanakan SKB CPNS Kemenag 2021

Medan, (UIN Sumut)
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) didaulat sebagai pelaksana tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Agama RI Formasi Tahun 2021.

SKB kali ini digelar di Kampus II UIN Sumut Jalan Willem Iskander Medan, Kamis (9/12). Kepala Biro AUPK UIN Sumut H. Khairunas, SH, MH yang juga Sekretaris Panitia Pengadaan CPNS UIN Sumut Tahun 2021 menyampaikan, dalam mekanisme penerimaan calon pegawai negeri sipil ini, semua panitia harus bekerja secara profesional dan menjunjung tinggi integritas sebagai panitia.

“Lalu mampu melayani semua peserta dengan sebaik-baiknya sehingga peserta merasa puas dan senang dengan layanan panitia. Panitia harus ada target, yaitu zero komplain atas pelaksanaan ujian SKB ini,” ujar Khairunas.

Ia menegaskan, pelaksanaan ujian murni hasil kemampuan para peserta, karena dilakukan secara online dan tidak ada bertemu secara fisik dengan panguji. Di samping itu pihak pewawancara ditunjuk oleh Panitia Pusat.

Ujian ini, paparnya, juga diawasi Inspektorat Jenderal, seperti disampaikan Inspektur Wilayah IV Itjen pada saat pembukaan gladi Sabtu lalu. “Alhamdulillah pelaksanaan berjalan lancar dan terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja dengan baik dan profesional,” tukasnya.

Khairunnas sebagai pejabat kepala biro yang baru bertugas di UIN Sumut ini mengimbau kepada seluruh peserta, jangan percaya dan tergiur dengan bujukan atau janji-janji kalau ada oknum yang bisa menolong dan menjanjikan kelulusan. “Hal itu jangan dipercaya dan jangan mau. Karena proses ini dikawal oleh Itjen dan pihak yang menentukan kelulusan adalah murni dari panitia pusat,” pungkasnya.

Sub Koordinator pada Subbag Kepegawaian UIN Sumut, Nining Nurbaity, S.Kom, MM menyampaikan bahwa tahapan Seleksi Kompetensi Dasar telah dilaksanakan di Markas Kodam I/Bukit Barisan Jalan Gatot Subroto Kota Medan 25-28 Oktober 2021 dan SKB merupakan lanjutan dari tahapan tersebut yang digelar pada 5-9 Desember 2021. Tahapan-tahapan tersebut merupakan bagian dari pengadaan CPNS tahun ini sesuai kebutuhan masing-masing satuan.

Nining menjelaskan, untuk jumlah pelamar formasi di UIN Sumut berjumlah 47 orang yang berdomisili di lima provinsi yakni Aceh, Sumut, Sumatera Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi. Tahun ini selain menjadi panitia satuan kerja UIN Sumut juga merupakan panitia lokasi yang melayani 84 pelamar yang berdomisili di Medan dengan ajuan beragam formasi di lingkungan Kemenag di seluruh Indonesia.

“Di UIN Sumut, formasi tersedia 18 formasi terdiri dari 13 tenaga pendidik dan 5 tenaga kependidikan. 17 formasi di antaranya merupakan formasi umum dan 1 untuk disabilitas,” ujarnya.

Selanjutnya Dr Masganti Sit, MAg selaku tim pematau ujian yang juga Ketua SPI UIN Sumut menjelaskan rangkaian SKB terdiri dari Praktik Kerja tanggal 5-6 Desember 2021, Wawancara tanggal 7-8 Desember 2021 dan Psikotes tanggal 9 Desember 2021. “Ujian ini dipantau langsung secara daring oleh panitia pusat Kemenag. Ujian berjalan dengan baik sesuai dengan petunjuk teknis yang ditetapkan, juga mendapatkan apresiasi dari peserta,” ujarnya.

Menariknya, peserta mengapresiasi dan berterima kasih atas pelayanan yang diberikan selama berlangsungnya ujian SKB di UIN Sumut. Seorang peserta Yantonius Nazara pelamar di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua menyampaikan pelayanan selama pelaksanaan SKB di kampus Islam tersebut berjalan lancar, peserta merasa dilayani dengan baik dan terbantu dalam melaksanakan ujian. (Humas)